Monday, December 1, 2014

PERANG RAHASIA PHONSAVAN LAOS

Jarang orang mengetahui adanya Perang Rahasia di Laos. Perang ini terjadi ketika Amerika menyerbu Vietnam. Disebut rahasia karena Amerika Serikat berperang secara rahasia dengan Laos. Meski korban yang jatuh bukan-lah rahasia lagi kebanyakan warga negara Laos.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Perang Rahasia, saya niatkan pergi menuju Kota Phonsavan, Provinsi Xieng Khouang. Jalan darat menggunakan bis dapat ditempuh selama 10 jam. Bis yang digunakan adalah ekonomi, sehingga terpaksa berpanas ria bersama penumpang lokal. Jarang sekali wisatawan asing yang datang ke Phonsavan, itu sebabnya bis bertarif 110 ribu Kipp atau sekitar 150 ribu rupiah ini sepi akan orang asing.

Penampakan bis ekonomi jurusan Vientiane-Phonsavan yang saya tumpangi (koleksi @ysdaya)


Perjalanan lumayan membosankan mengingat lagu yang diputar di dalam bis selalu lagu lokal yang artinya pun tidak dapat dimengerti. Untungnya pemandangan di kiri kanan jalan yang seperti di daerah puncak cukup memanjakan mata.
Satu hal yang agak menarik adalah banyak sekali penumpang yang naik di tengah jalan menyandang senapan angin. Tujuan mereka sama sekali tidak untuk menembak burung, melainkan keamanan. Hal ini saya ketahui dari kenek di belakang yang membawa senapan AK 47. Rupanya perjalanan sering kali dihadang bajing loncat atau kriminal jalanan. Untungnya perjalanan saya hingga sampai Phonsavan aman dari gangguan ini.

Kenek bus yang duduk di belakang bis menunjukkan senapan AK 47 (koleksi @ysdaya)


Saat tiba di kota Phonsavan, saya lumayan terkejut akan suhunya. Ternyata di bulan Februari, suhu Phonsavan sangatlah dingin bisa mencapai di bawah 10 derajat celcius di malam hari. Di siang hari pun memakai baju tiga lapis rasa dingin pun masih menusuk tulang. Winter comes to town!

Salah satu tujuan wisata adalalah Plain of Jars. Untuk menjangkaunya kita cukup menyewa motor dari hotel seharga 75 ribu rupiah sehari. Plain of Jar merupakan situs budaya kuno nenek moyang bangsa Laos. Untuk menempuhnya, kita harus melalui perkampungan penduduk tiga kilometer sebelum situs tersebut.

Perjalanan menuju lokasi Plain of Jars melewati pemandangan ini (koleksi @ysdaya)


Memasuki Plain of Jars peringatan bahaya bom terpampang jelas. Rupanya, di situs ini masih banyak pecahan bom yang belum dibersihkan sisa Perang Rahasia. Total bom yang dijatuhkan Amerika Serikat ke Laos sebanyak 260 juta bom. Dan 30% persen di antara bom itu belum meledak sampai sekarang. Baru pada tahun 2004 situs ini mulai dibersihkan dari bom.

Hati2 kalau melangkah di area Plain of Jars (koleksi @ysdaya)


Pengunjung yang datang memang diwajibkan waspada melangkah di lokasi Plain of Jars. Plain of Jar sebenarnya kumpulan batu-batu raksasa. Di Phonsavan sendiri terdapat tiga tempat lokasi kumpulan batu-batu seperti ini. Di lokasi pertama seluas 25 hektar ini, setidaknya terdapat 334 batu ukuran raksasa. Yang mengherankan adalah mengapa batu-batu ini bisa berkumpul di satu tempat. Menurut legenda, berasal dari peradaban yang sudah hilang sekitar 1500 hingga 2000 tahun yang lalu. Meski begitu belum diketahui fungsi batu raksasa ini.


Bandingkan ukuran Plain of Jars dengan manusia (koleksi @ysdaya)


Menurut teori para antropolog dan arkeolog, batu raksasa ini dahulunya digunakan sebagai tempat menyimpan abu jenazah yang sudah dikremasi. Meski ada juga yang mempercayai , Plain of jar fungsinya sama seperti magic jar untuk menyimpan nasi dan makanan.
Di beberapa tempat, bisa disaksikan pula lubang bekas bom meledak. Wajar apabila Plain of Jar dijuluki sebagai situs budaya paling berbahaya di dunia. Bahkan terdapat pula di sini goa bekas lubang persembunyian masyarakat Laos sewaktu perang rahasia. Hampir selama 10 tahun, goa ini menjadi rumah bagi para pengungsi. Mereka menikah, melahirkan, dan meninggal di sini.

Di belakang saya berdiri adalah goa persembunyian Perang Rahasia (koleksi @ysdaya)


Salah satu kampung yang banyak dihuni korban perang rahasia adalah Khang Khai. Butuh waktu 20 menit untuk mencapai kampung ini dari pusat kota. Disebut Khang Khai karena setiap orang yang tinggal di sini pernah mengalami kecelakaan perang. Setidaknya terdapat 65 penduduk kampung pernah terkena bom dan selamat. 

Anak kampung Khang Khai (koleksi @ysdaya)

Salah seorang dari mereka adalah Bounphom. Pria 68 tahun ini terpaksa diamputasi kakinya akibat terkena ranjau. Untungnya, ia mendapat bantuan kaki palsu sehingga bisa beraktivitas menggarap sawah. Pak Bounphom adalah mantan tentara Laos yang ikut berperang melawan Amerika tahun 1968. Saat berperang di hutan Xieng Khouang tahun 1970, bapak tujuh anak ini menjadi korban ledakan bom. Ia pun terpaksa merelakan kakinya untuk diamputasi. Dan sejak itu pula Pak Bounphom menjalani hari-hari suramnya, hidup dengan satu kaki. Ironisnya, ia tidak mendapat bantuan keuangan sama sekali dari pemerintah. Barulah 29 tahun kemudian, ia mendapatkan kaki palsu gratis bantuan dari lembaga swasta Thailand. Lantas gimana caranya keluarga mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari ? Istrinya lah yang bekerja sebagai petani.


Bersama Pak Bounphom, korban Perang Rahasia (koleksi @ysdaya)



Sejarah Laos masih terus berlanjut, nanti saya akan mengunjungi ibukota Laos semasa masih berbentuk kerajaan yakni di Luang Prabang. Tetap asikin blog ini.

2 comments:

  1. Jadi apa yang dirahasiakan dari perang rahasia itu bang? Btw itu pemandangannya bagus banget.

    ReplyDelete
  2. yang dirahasiakan adalah perangnya itu sendiri. siapa yg merahasiakan? Amerika. Kenapa? Karena tidak mau dunia tahu di saat yg sama berperang melawan Vietnam kemudian meluas ke Laos.

    ReplyDelete

Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik Anda di blog ini atau mention akun twitter @ysdaya Terima kasih.

Pages