Thursday, June 3, 2010

KUBAH YANG MENAKJUBKAN

Apa bukti bahwa Anda pernah datang ke Moscow, Rusia ? Jika pertanyaan ini diajukan bagi setiap orang yang pernah berkunjung ke Lapangan Merah atau Red Square di Moscow, maka jawabannya adalah 100% berfoto dengan latar belakang St.Basil Cathedral. Boleh dibilang, inilah simbol kota Moscow bahkan Rusia.

Katedral yang dibangun antara tahun 1555 hingga 1561 ini memang merupakan salah satu objek wisata favorit bagi wisatawan. Bahkan stasiun televisi setempat ataupun para pembuat film sangat sering menjadikan katedral ini sebagai latar belakang pengambilan gambar mereka.




Adalah Ivan The Terrible, julukan yang cukup seram dari penguasa atau Tsar Rusia kala itu yang memerintahkan dibangunnya katedral ortodoks ini. Alasan pembangunan untuk menandai kemenangan bangsa Rusia atas penaklukan Kazan yang dikuasai Bangsa Tartar-Mongol tahun 1552.

Apabila kita perhatikan kubah menjulang pada katedral bagaikan kubah masjid. Hanya bedanya, di atas kubah terdapat tanda salib. Konon menurut cerita, ini merupakan simbol penaklukan Kristen Orthodoks ketika itu atas Islam. Kazan sendiri merupakan basis kaum muslim dan belum tergabung dalam Rusia. Itu sebabnya kubah masjid di Kazan menginspirasi pembangunan kubah serupa di katedral St.Basil. Dengan aneka warna-warni, menjadikan kubah sedap dipandang mata, bahkan ada yang mirip buah durian.



Nama asli katedral sesungguhnya adalah Cathedral of the Intercession of the Virgin on The Moat. Namun orang lebih mengenalnya dengan sebutan St. Basil Cathedral. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas seorang yang dianggap suci dan diberkati yaitu Vasily atau Basil the Blessed. Makamnya sendiri bisa kita temui di gereja kesepuluh yang terdapat dalam katedral.


Lantas siapa sesungguhnya yang menjadi arsitek katedral nan cantik ini ? Adalah Barma dan Postnik Yakovlek orang Rusia yang berada di balik pembangunannya. Sayangnya menurut cerita, kedua mata mereka dibutakan oleh sang penguasa untuk mencegah agar tidak dapat lagi membuat bangunan yang dapat menandingi keindahan St.Basil Cathedral. Miris.






Katedral ini sendiri telah menjadi museum bagi siapapun yang ingin berkunjung setiap hari, kecuali Selasa. Waktunya mulai pukul 11 siang hingga 6 sore. Dan cukup dengan 150 rubel atau hampir 50 ribu rupiah, kita dapat melihat bagian dalam katedral yang cukup artistik. Jangan lupa pula untuk membayar tiket tambahan bila kita membawa kamera foto atau video untuk mengabadikan interior katedral. Apabila sudah di dalam, rasakan sendiri sensasi manakala kita mendaki tangga kayu atau berjalan melalui lorong sempit untuk memasuki ruang demi ruang gereja. Dan dari dalam bangunan ini pula kita bisa melemparkan pandangan mata pada Lapangan Merah yang dikelilingi oleh bangunan bersejarah dan kota Moscow tentunya.
Berterima kasihlah kita pada Pyotr Baranovsky atas kegigihannya menentang Stalin (penguasa Uni Sovyet kala itu) yang berencana membongkar bangunan bersejarah St.Basil Cathedral. Meski untuk itu Baranovsky harus menebusnya dengan hukuman penjara lima tahun pada warsa tahun 30-an. Bila tidak, apa lagi bukti bahwa kita pernah datang ke Moscow dan berfoto di depan katedral ini…

18 comments:

  1. Sedih sekali menjadi arsitek bangunan Cathedral of the Intercession of the Virgin on The Moat, setelah berkarya dengan kelincahanya ujung-ujungnya kedua bola matanya tidak bisa melihat bangunan megah yang telah dirancangnya.

    Selalu menarik perjalanan-nya Mas Yulika :)

    salam Hangat

    Yudi

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. gilla kreen bageetttt..!!!
    orang2 Rusia gak kalah Romatisnya ya.. sama orang prancis,,,hehehe
    oia,,, kemaren pas ka,, yulika ke turki,, semapat mengunjugi aya sofya dan blue Mosque dong pastinya,,, ntar kalo ada waktu luas tolog di tulis Di blog ya,, heheheh,,, soalnya sejarah dari Ayya sofya sendiri bagus bageettt..!!
    ciputat,3 juni 2010
    Afiefah latief

    ReplyDelete
  4. paulus imanu cruizeJune 3, 2010 at 6:17 PM

    menakjubkan banget....apalagi setelah tau ceritanya.......hhhmmm bangunanya kaya di film aladin and putri yasmin...kirain cma dongeng tapi emang bener2 ada bangunan seperti itu....jangan lupa tempat2 yang laenya ya bang......serru banget
    backpaker...emang asikin aja,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  5. satu dari sekian banyak bukti betapa Islam telah menjadi inspirasi bagi banyak hal didunia,sekalipun itu berupa katedral.However,it's a gorgeous cathedral,soooooo beautifull....

    ReplyDelete
  6. saya takjub akan keindahan arsitek nya.. ga nyesel pilih russia.. nanti deh pas ke sana saya buktikan cerita nya bang yulika.. but kapan yha??? hehe.. ohya lapangan merah nya kok ga berwarna merah yha????..peduli amat, asikin aja... thnx u

    ReplyDelete
  7. WooooooW, ga nyesel polling Rusia. keren bgt bangunannya. Ngebuat jd ngayal pengen kesana, hehehe. ditunggu sejarah berikutnya. Asikiiiiiiin AjaaaaaaH

    ReplyDelete
  8. waduh..ngiri bgt saya..mau juga dong tulisan/info tentang stasiun di moscow yg juga keren bgt itu (stasiun yg baru kena bom)..setau saya, bagus bgt ya, kayak gallery..thx

    ReplyDelete
  9. dewi dwi damayantiJune 3, 2010 at 11:07 PM

    keren bgt deh pokokx gk nysel deh bsa dtng ke rusia yg keren,indah bgt .
    bangunanx yg indh trmsk arsitekturx membuat para wisatawn pngn kesana
    is the best

    ReplyDelete
  10. keren bgt bangunannya,,, g nyesel dech pilih rusia hehehe eh iya ka' ada liputannya masjid Qolsharif yang di Kazan jg ga ka'??? klo ada tulis juga ya bagus bgt tuh ka' apalagi klo malam (katanya tmnQ ce hehehe, Q cm ngliat gmbrnya aja)
    asikin aja...thx u

    ReplyDelete
  11. wahh..keren bgt bangunan2nya jd pengen kesana...
    ternyata dibalik keindahan bangunan itu banyak juga sejarahnya...makasih info'a bang :)

    ReplyDelete
  12. nggak salah saya milih Russia......!

    ReplyDelete
  13. saya belajar sejarah eropa.
    dan dalam sejarah kathedral eropa cuma ada dua macam tipe kathedral yaitu romantik dan gotik, tapi kathedral ini adalah pengecualian karena bisa termasuk kedalam tipe keduanya.

    ReplyDelete
  14. ke Rusia dapet matrioska ga bang???

    ReplyDelete
  15. good job..thanks bang..anda membuat orang tau tempat2 yg belom pernah d lihat orang lain..membuar iri saja..i'll bookmark this blog

    ReplyDelete
  16. widih bagus banget tempatnya

    ReplyDelete
  17. bermanfaat bang,thanks for post ny

    ReplyDelete

Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik Anda di blog ini atau mention akun twitter @ysdaya Terima kasih.

Pages